BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Umat
islam pada hari ini mendiami satu kawasan geografi yang amat luas. Merentang
dari magribi pada sebelah barat hinggalah ke Republik Indonesia yang jauh ke
timur. Mereka terdiri dari berbagai-bagai bangsa, ras, kaum, suku dan warna
kulit yang berjumlah lebih dari 900 juta orang. Mereka juga bertutur dalam berbagai
macam bahasa, diantaranya ialah Arab, Parsi, Turki, Urdu, Sahili, dan Melayu
atau Indonesia. Namun begitu mereka yang berlainan keturunan ini, umumnya diikat
oleh satu ikatan yang kukuh, yaitu akidah Islam.
Dunia
islam adalah amat luas dan isu-isu yang dibincangkan memangnya terlalu banyak,
maka kajian yang penulis coba ungkapkan disini adalah tentang konsep Islam
tentang Imperialisme.
Imperialisme
merupakan satu topik yang amat menarik untuk diperkatakan, mendengar istilah
imperialisme saja sudah tergambarkan di ruang mata kita tentang keganasan,
pencerobohan, perompakan, pelanggaran hak-hak asasi manusia dan berbagai-bagai lagi
jenis gelagat yang merusakan. Gejala ini tidak pernah menimbulkan gejala yang positif
(baik), akan tetapi justru sebaliknya yaitu mendatangkan dan menimbulkan
hal-hal negatif seperti kerusakan, kesengsaraan, penindasan, dan permusuhan
yang tidak pernah padam antara sesama manusia.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang
sebelumnya, maka permasalahan yang dibahas dalam makalah ini adalah sebagai
berikut:
1.
Apakah pengertian dari Imperialisme ?
2.
Bagaimanakah sejarah singkat Imperialisme ?
3.
Bagaimanakah Imperialisme Islam dan Imperialisme Barat ?
4.
Bagaimanakah Pro dan Anti-Imperialisme ?
5.
Bagaimanakah Imperialisme dan Rentan-Imperialisme ?
C. Tujuan Penulisan
Sesuai rumusan masalah di atas, maka
tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut:
1.
Untuk mengetahui pengertian dari Imperialisme.
2.
Untuk mengetahui sejarah singkat Imperialisme.
3.
Untuk mengetahui Imperialisme Islam dan Imperialisme Barat.
4.
Untuk mengetahui Pro dan Anti – Imperialisme.
5.
Untuk mengetahui Imperialisme dan Rentan-Imperialisme.
D. Manfaat Penulisan
Manfaat atau nilai yang terkandung dari makalah ini
yaitu (khususnya bagi mahasiswa) agar mahasiswa lebih mengetahui serta lebih
memahami mengenai Konsep Islam Tentang Imperialisme, baik itu penjelasan, penguraian, serta pengidentifikasian yang
dapat di aplikasikan dalam proses pembelajaran sehari- hari.
E. Metode Penulisan
Dalam penyusunan makalah ini, penulis menggunakan
metode sebagai berikut:
1.
Metode pustaka
Penulis mencari sumber dari buku-buku yang
berhubungan atau berkaitan dengan topik yang dibahas.
2.
Metode browsing
Penulis memperoleh data-data yang berhubungan dengan
pokok bahasan dengan mencari (searching) di internet.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Definisi Imperialisme
Bila ditinjau dari makna bahasa Imperialisme adalah sebuah produk dari kapitalisme
industrial yang sangat maju. Imperialisme adalah hasrat dari setiap negeri
kapitalis industrial untuk mengendalikan atau menjajah semua daerah – daerah
agraria luas (penekanan dari Kautsky), tidak peduli Negara yang mana yang mendudukinya.[1]
Adapun
dari segi istilah berbagai-bagai definisi telah diberi oleh sarjana barat
tentang imperialisme. Misalnya Moritz Julius Bonn yang melihatnya dari sudut
politik semata-mata telah mengatakan bahawa imperialisme adalah suatu dasar
yang bercita-cinta untuk membentuk, menyusun dan memelihara sebuah empayar.
Interprestasi
ini sesuai untuk menggambarkan imperialisme pada zaman kuno seperti yang pernah
diamalkan oleh bangsa Rom, Yunani dan sebagainya. Bagi V.I.Lenin yaitu seorang
pemimpin utama komunis Rusia mengatakan, imperialisme ialah satu fenomena
ekonomi semata-mata, yaitu peringkat akhir kapitalisme. Pandangan ini tidaklah
tepat kerana ia mencoba mempertahankan komunisme dan memburuk-burukkan
kapitalisme yang merupakan dua ideologi buatan manusia yang saling
bermusuh-musuhan antara satu sama lain. Pada hakikatnya, kedua-duanya adalah
sama zalim dan menindas wilayah yang dijajah.
Ada
juga yang menafsirkan imperialisme sebagai satu dasar atau amalan yang
berhubung dengan pemeliharaan sebuah kekuasaan melalui jalan penaklukan,
penempatan, penguasaan ekonomi, atau politik.
Sementara
itu, satu percobaan yang lebih berani telah dibuat oleh Norman Daniel dengan
mendefinisikan imperialisme adalah lebih daripada mencari sebuah kekuasaan.
Umumnya imperialisme merupakan penguasaan rumpun bangsa Eropa keatas semua
benua.
Sementara
ensiklopedia Indonesia menyebutkan Imperialisme ialah usaha dan tindakan suatu
negara untuk mengembangkan kekuasaan dalam bentuk pendudukan langsung terhadap
wilayah kekuasaan negara atau bangsa lain dengan jalan membentuk
pemerintah-pemerintah jajahan atau dengan menanamkan pengaruh di bidang politik
dan atau ekonomi.
Berbagai
definisi tersebut di atas mengindentifikasikan adanya persepsi proses sejarah
pergolakan sosial politik dari masa ke masa sehingga sangat mewarnai gejolak
yang ada di masa kini. Pergolakan sosial politik antara Islam di satu pihak
berhadapan dengan Barat di pihak lain. Yakni kekuatan sosial politik Islam
berhadapan dengan kekuatan sosial politik Barat yang didominasi oleh doktrin
salibisme-zionisme dan sangat phobi (anti pati) terhadap Islam dan Muslimin.
Hal ini tertera dalam Injil dan dalam Al-Qur’an sebagai sumber semangat dua
kekuatan sosial politik tersebut. Kita dapat melihat ayat-ayat Al-Qur’an yang
memberitakan adanya semangat Islami phobia di kalangan Yahudi (Zionis) dan
Nashara (Salibis) sebagai berikut:
“Mereka menginginkan
untuk memadamkan cahaya Allah (yakni kebenaran agama-Nya) dengan mulut-mulut
mereka, dan Allah tidak menghendaki kecuali hendak terus menyempurnakan
bukti-bukti kebenaran agama-Nya walaupun orang-orang kafir tidak suka dengan
semakin kuatnya bukti-bukti kekuatan agama-Nya.” (At-Taubah: 32).
“Dan tidaklah
orang-orang Yahudi dan tidak pula orang-orang Nashara akan senang kepadamu
sehingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah sesungguhnya petunjuk Allah
itulah yang sebenarnya dinamakan petunjuk. Maka kalau kalian mengikuti hawa
nafsu mereka setelah datang kepadamu ilmu, maka tidak akan ada lagi bagi kalian
pelindung dan penolong selain Allah.”
Secara
ringkas, imperialisme bukanlah persoalan jiwa semata-mata, malah ia melibatkan
juga cita-cita kebendaan. Atas dasar inilah, maka golongan penjajah yang ingin
berkuasa lantaran kemegahan diri mereka sendiri telah meluaskan pengaruhnya
menerusi bidang politik, ekonomi, ketenteraan, pendidikan, dan bentuk-bentuk
budaya yang lain. Adakalanya juga pihak penjajah itu akan memasukan jari-jari
penjajahannya secara halus dan perlahan-lahan, seumpama atas nama tamadun,
kemajuan, modenisasi dan sebagainya. Sehingga tanpa disedari rakyat peribumi
yang berkenaan langsung terpikat dengan cara hidup asing dan melupakan
idintitinya sendiri.
B. Sejarah Singkat Imperialisme
Keinginan
segolongan manusia untuk menguasai segolongan manusia yang lain bukanlah suatu
perkara yang baru dalam sejarah kehidupan manusia. Sejak zaman kuno lagi
penjajahan-penjajahan besar telah dibentuk oleh bangsa-bangsa seperti Babylon,
Assyria, Mesir, Parsi, Yunani dan Rom. Pada zaman pertengahan pula, telah wujud
dua buah empayar, iaitu Rom Timur (Bizantine Empire) dan Banu Sasan (Parsi
Empire). Namun begitu apabila soal imperialisme dibangkitkan biasanya
dirujukkan kepada perkembangan yang berlaku kemudiannya, iaitu tentang
pembinaan empayar berikutan daripada timbulnya negara-negara yang
berorientasikan Eropa pada kurun ke-15.
Bermula
dari akhir kurun ke-15 M, bangsa Eropa telah melancarkan gerakan perluasan
pengaruh secara besar-besaran malalui bidang perdagangan. Politik, kebudayaan,
dan pemindahan serta penempatan rakyat mereka sendiri di tanah-tanah baru
hingga pada abad ke-20 seluruh dunia berada dalam cengkeraman tamadun barat.
Perluasan pengaruh ini dilakukan ke arash timur dan barat. Misalnya bangsa
Portugis dan kaum-kaum lain seperti Sepanyol, Inggris, Belanda, dan perancis
yang telah mengarungi lautan besar dari Eropa barat bagi menemui kawasan baru
dan menakluki kawasan baru tersebut. Sementara itu kerajaan Rusia juga terus
mara dengan rakusnya ke arah selatan dan timur dengan menyeberangi kawasan
steppe hingga memasuki ke bahagian utara Timur Tengah dan Asia.
Proses
perluasan pengaruh ini telah berlaku dalam berbagai corak dan peringkat. Ada
yang dikenali dengan white man’s burden (beban bangsa kulit putih) manifest
destiny (takdir yang dimakbulkan tuhan), mission civilisatrice (tugas untuk
mentamadunkan dunia) dan sebagainya. Inilah beberapa slogan yang sering disebut
oleh pihak penjajah untuk menunjukan kepada dunia bahawa mereka mereka
sebenarnya berniat baik, bertindak secara bertimbang rasa dan
berperikemanusiaan. Meskipun dalam bukti-bukti sejarah menunjukkan bahawa dalam
melaksanakan usaha-usaha untuk mentamadunkan dunia mereka sanggup untuk berlaku
ganas, umpamanya merompak, membunuh, memperhambakan, dan mencabul hak-hak orang
lain.
Di
sesetengah kawasan, sesetengah penjajahan berjalan dengan amat jayanya
hinggakan penduduk asli atau peribumi telah diusir sama sekali dari tanah
mereka, ataupun dikurangi jumlah mereka melalui proses peperangan dan
sebagainya. Bangsa Perancis misalnya, telah hampir berjaya untuk menjadikan
bumi Algeria, Maroko, dan Tunisia sebahagian dari negeranya sendiri.
Pada
peringkat awal, tanah jajahan atau koloni telah dibentuk oleh kuasa dari Eropa,
bermula dengan Portugis dan kemudianya Spanyol. Diikuti oleh British, Belanda,
dan Perancis untuk tujuan perdagangan, politik dan agama. Faktor agama adalah
lebih menonjol bagi bangsa Sepanyol dan Portugis, yang memangnya terkenal
dengan semangat fahaman Katolik dan dendam kesumat yang tidak pernah padam
terhadap umat Islam.
C. Imperialisme Islam dan Imperialisme Barat
1. Imperialisme Islam
Al-Qur’an
telah menegaskan bahwa orang-orang kafir tidak akan ridha dan ikhlas dengan
keislaman kita, sehingga mereka berusaha dengan sekuat daya dan upaya agar kita
mengikuti mereka, serta tunduk dengan agama yang mereka anut. Allah swt telah
mengungkapkan hal ini dalam Al-Qur’an beberapa kali dan diantara ayat-ayat
tersebut adalah:
“Hai orang-orang yang
beriman, janganlah kamu ambil menjadi teman kepercayaanmu orang-orang yang, di
luar kalanganmu (karena) mereka tidak henti-hentinya (menimbulkan) kemudharatan
bagimu. mereka menyukai apa yang menyusahkan kamu. telah nyata kebencian dari
mulut mereka, dan apa yang disembunyikan oleh hati mereka adalah lebih besar
lagi. sungguh telah Kami terangkan kepadamu ayat-ayat (Kami), jika kamu
memahaminya. Beginilah kamu, kamu menyukai mereka, Padahal mereka tidak
menyukai kamu, dan kamu beriman kepada Kitab-Kitab semuanya. Apabila mereka
menjumpai kamu, mereka berkata "Kami beriman", dan apabila mereka
menyendiri, mereka menggigit ujung jari antara marah bercampur benci terhadap
kamu. Katakanlah (kepada mereka): "Matilah kamu karena kemarahanmu
itu". Sesungguhnya Allah mengetahui segala isi hati. Jika kamu memperoleh
kebaikan, niscaya mereka bersedih hati, tetapi jika kamu mendapat bencana,
mereka bergembira karenanya. jika kamu bersabar dan bertakwa, niscaya tipu daya
mereka sedikitpun tidak mendatangkan kemudharatan kepadamu. Sesungguhnya Allah
mengetahui segala apa yang mereka kerjakan.’
“Dan tidaklah
orang-orang Yahudi dan tidak pula orang-orang Nasrani akan senang kepadamu
sehingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah sesungguhnya petunjuk Allah
itulah yang sebenarnya dinamakan petunjuk. Maka kalau kalian mengikuti hawa
nafsu mereka setelah datang kepadamu ilmu, maka tidak akan ada lagi bagi kalian
pelindung dan penolong selain Allah.”
Demikianlah
sebagian ayat-ayat Al-Qur’an, mengingatkan kita adanya semangat Islami yang
sangat kental di kalangan Yahudi dan Nasrani turun-temurun dari generasi ke
generasi. Ini adalah sikap permanen mereka dan tidak mungkin dikurangi apalagi
dihapus dengan doktrin apapun atau kesepakatan yang bagaimanapun. Sedangkan
dalam Injil yang ada sekarang ini sebagai kitab suci yang telah dipalsukan
serta berbagai pandangan tokoh-tokoh Yahudi dan Nasrani tentang Islam dan
Muslimin, membuktikan apa yang dinyatakan oleh Allah Ta’ala tentang isi hati
mereka yang penuh dengan semangat Islami itu. Antara lain ialah pernyataan yang
terdapat dalam buku Konsili Vatikan II sebagai berikut:
“Dengan
berhasil menghancurkan negara Islam di Andalusia pada akhir abad XV oleh Raja
Ferdinand dari Aragon dan Ratu Isabella dari Costilia, maka aksi Kristenisasi
dan penaklukan dunia Islam dilakukan dengan gencar, dipelopori oleh Spanyol dan
Portugis kemudian disusul oleh Inggris, Belanda, Belgia, Perancis dan Italia.”
Dinyatakan
pula oleh Philip K. Hitti: “Perang salib itu adalah reaksi dunia Kristen di
Eropa terhadap dunia Islam di Asia, yang sejak tahun 632 merupakan pihak
penyerang, bukan saja di Syiria dan Asia Kecil, tetapi juga di Spanyol dan
Sisilia …..”
Selanjutnya
dia menyatakan: “Sebab langsung dari perang salib ialah permintaan Kaisar
Alexius Comnenus dalam tahun 1095 kepada Paus Urbanus II. Kaisar dari Byzantium
itu minta bantuan dari Romawi, karena daerah-daerahnya yang terserak sampai ke
pesisir laut Marmora dibinasakan oleh Bani Saljuk (Kerajaan Islam).”
Kemudian
dia menyatakan pula: “Telah dilakukan Pidato Paus Urbanus II pada tanggal 26
November 1095 di Clermont (Perancis Selatan), di mana orang-orang Kristen
mendapat suntikan semangat untuk mengunjungi kuburan-kuburan suci (yakni
kuburan-kuburan suci menurut keyakinan Kristen, pent) dan merebutnya dari
orang-orang yang bukan Kristen serta menaklukkan mereka itu.”
Berdasarkan
kenyataan adanya semangat kebencian tradisional kepada Islam dan Muslimin
sebagaimana tersebut di atas, maka Allah Ta’ala mensyariatkan dalam agama-Nya,
perang membela agama-Nya berhadapan dengan berbagai kekuatan Islami. Bahkan
perang dalam rangka membela agama Allah termasuk ibadah kepadaNya yang amat
mulia disisi-Nya. Allah Ta’ala menegaskan kedudukan perang tersebut dalam
firman-Nya:
“Diwajibkan
atas kamu berperang, Padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci.
boleh Jadi kamu membenci sesuatu, Padahal ia amat baik bagimu, dan boleh Jadi
(pula) kamu menyukai sesuatu, Padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui,
sedang kamu tidak mengetahui.”
“Dan
perangilah di jalan Allah orang-orang yang memerangi kamu, (tetapi) janganlah
kamu melampaui batas, karena Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang
melampaui batas. Dan bunuhlah mereka di mana saja kamu jumpai mereka, dan
usirlah mereka dari tempat mereka telah mengusir kamu (Mekah); dan fitnah itu
lebih besar bahayanya dari pembunuhan, dan janganlah kamu memerangi mereka di Masjidil
Haram, kecuali jika mereka memerangi kamu di tempat itu. jika mereka memerangi
kamu (di tempat itu), Maka bunuhlah mereka. Demikanlah Balasan bagi orang-orang
kafir. Kemudian jika mereka berhenti (dari memusuhi kamu), Maka Sesungguhnya
Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”
“Dan
perangilah mereka, supaya jangan ada fitnah dan supaya agama itu semata-mata
untuk Allah. Jika mereka berhenti (dari kekafiran), Maka Sesungguhnya Allah
Maha melihat apa yang mereka kerjakan.”
Yang
dimaksudkan dengan “sehingga agama itu hanyalah untuk Allah semuanya”, telah
diterangkan oleh As-Syaikh Abdur Rahman As-Sa’di rahimahullah dalam tafsirnya:
“Inilah maksud daripada perang dan jihad terhadap musuh-musuh agama, yaitu
menangkis kejahatan mereka terhadap agama ini dan untuk melakukan pembelaan
terhadap agama Allah, yang Allah ciptakan segenap makhluk ini untuk menunaikan
agama tersebut, sehingga Agama ini dijunjung tinggi di atas segenap agama-agama
lainnya.”
Islam
sebagai agama rahmah (kasih sayang) menebarkan kasih sayang dan menegakkan
keadilan di muka bumi melalui perjuangan bersenjata untuk memerangi musuh-musuh
kasih sayang dan sekaligus musuh-musuh keadilan. Yaitu musuh-musuh kemanusiaan
yang akan menjajah manusia dengan berbagai kedhalimannya, teror dan berbagai
macam kejahatan yang menginginkan agar manusia tetap dalam kebodohannya agar
tidak mengerti di mana jalan keluar untuk bisa lepas dari berbagai kedhaliman
para penjajah dan pemeras itu. Para penjahat dan penjajah itulah yang diperangi
Islam dan dengan perang ini Islam ingin mematahkan segala kekuatan mereka
sehingga Islam dapat ditegakkan syari’atnya di muka bumi ini, dan akibatnya
dunia akan dipenuhi kasih sayang dan keadilan.
Rasulullah
saw mengaitkan misi dakwah Islamiyah yang beliau emban dengan misi perang yang
beliau juga diperintah untuk memimpin umatnya untuk itu. Beliau menyatakan:
“Aku
diperintah untuk memerangi sekalian manusia sehingga mereka mau mempersaksikan
keyakinan bahwa tidak ada sesembahan yang benar untuk di ibadahi kecuali Allah
dan bersaksi pula bahwa Muhammad adalah utusan dan hamba Allah, dan menunaikan
shalat dan menunaikan zakat. Maka bila mereka telah menunaikan semua perkara
tersebut, mereka terlindung darah dan harta mereka. Dan adapun urusan batin
mereka, urusannya diserahkan kepada Allah.”
Prinsip
perjuangan menebar kasih sayang dan prinsip perjuangan menegakkan keadilan di
muka bumi adalah prinsi-prinsip perjuangan yang mewarnai seluruh perjuangan
Islam dalam keadaan perang ataupun dalam keadaan damai, terhadap kawan ataupun
terhadap lawan. Prinsip-prinsip tersebut telah ditegaskan oleh Allah Ta’ala
dalam firman-Nya sebagai berikut:
“Dan
tidaklah Kami utus engkau kecuali sebagai kasih sayang bagi segenap jagat
raya.”
“Allah
tidak melarang kalian untuk berbuat baik dan bersikap adil kepada orang-orang
agama lain yang tidak memerangi kalian dan tidak mengusir kalian dari
rumah-rumah kalian. Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berbuat adil.
Yang Allah larang kalian hanyalah mencintai dan membela orang-orang yang memerangi
kalian dan mengusir kalian dari negeri-negeri kalian karena alasan agama dan
juga kalian dilarang mencintai dan membela orang-orang yang membantu
musuh-musuh kalian untuk memerangi serta mengusir kalian. Maka barang siapa
dari kaum Muslimin mencintai dan membela mereka, maka sungguh dia termasuk
orang-orang yang zalim.”
Dengan
prinsip-prinsip yang demikian inilah tentara-tentara Islam mengukir sejarah
kemanusiaan yang gemilang penuh dengan peristiwa-peristiwa yang menakjubkan.
Antara lain di masa pemerintahan Khalifah Umar bin Al-Khattab radhiyallahu
‘anhu, terdapat peristiwa-peristiwa penting yang menakjubkan dalam sejarah
imperium Islam. Yaitu:
- Umar ra memerintahkan kepada gubernur Mesir Amr bin Al-Ash ra untuk mengembalikan tanah milik seorang Yahudi yang digusur untuk kepentingan pembangunan dan perluasan masjid negara. Bahkan beliau memerintahkan untuk dibongkar kembali bangunan masjid yang didirikan di atas tanah milik Yahudi yang mengajukan gugatan pengembalian tanah hak miliknya itu, dan Umar memenangkan gugatan si Yahudi tersebut. Keputusan yang adil demikian menyebabkan Yahudi tersebut masuk Islam dan menggugurkan tuntutannya serta mewakafkan tanahnya dengan suka rela untuk masjid tersebut.
- Umar ra memerintahkan kepada komandan pasukan yang dikirimnya untuk keluar meninggalkan negeri Samarkand setelah mendudukinya dan merampas harta-harta mereka. Perintah beliau ini dilakukan setelah orang-orang Nasrani penduduk negeri tersebut mengadukan kepadanya kesalahan prosedur pasukan yang diutusnya itu ketika memasuki negeri mereka. Pasukan tersebut menduduki negeri tersebut tanpa melalui prosedur pendudukan suatu negeri yang diperintahkan oleh syariat Islamiyah, yaitu penduduknya diajak kepada Islam, tidak tidak mau dipersilakan membayar upet, jika tidak mau barulah diserang dan kemudian diduduki serta dirampas harta penduduknya. Maka Umar ra memerintahkan agar pasukan Islam tersebut mengembalikan semua harta penduduk negeri Samarkand yang dirampas olehnya dan keluar dari negeri tersebut untuk dijalankan dari permulaan prosedur pendudukan suatu negeri. Sehingga penduduk negeri Samarkand memilih masuk Islam ketika diberi pilihan apakah masuk Islam; atau membayar upeti; atau bertempur melawan pasukan Islam. Mereka masuk Islam ketika melihat betapa adilnya keputusan Khalifah dalam Islam yang menerima pengaduan pihak rakyat jelata walaupun dari kalangan Nashara.
- Para pendeta Kristen di Palestina dengan mantap menyerahkan negeri Palestina kepada Khalifah Umar ra ketika pasukan Islam mendatangi negeri tersebut. Serah terima itu dilakukan tanpa suatu pertempuran apapun dan penduduk nashara merasa aman negerinya di bawah kekuasaan imperium Islam dari pada di bawah imperium Romawi Kristen.
Dan
terlalu banyak catatan sejarah yang gemilang dalam berbagai peristiwa perluasan
imperium Islam di abad-abad ke enam sampai abad ke-13. Semuanya itu menunjukkan
betapa imperialisme dalam Islam lebih banyak bersifat pembebasan bangsa-bangsa
di dunia dari kedhaliman para penguasanya dan kemudian menegakkan keadilan dan
kasih sayang Islam kepada segenap rakyatnya.
2. Imperialisme Barat
Kita
dapat memahami sifat dan misinya dari berbagai pernyataan para ilmuwan kalangan
mereka berikut ini: “Dr. Harry A. Poeze –seorang ilmuwan Belanda– menyatakan
nasib buruh perusahaan perkebunan milik Belanda di Sinembah-Deli (Sumut) di
zaman penjajahan Belanda, “Penduduk asli di daerah itu tidak mampu, dan jumlah
mereka pun terlalu kecil untuk menggarap perkebunan-perkebunan itu. Maka dari
itu, ditarik secara besar-besaran buruh dari daerah-daerah lain, pertama-tama
yang ditarik itu terutama orang Cina, kemudian kebanyakan orang Jawa. Buruh ini
sebagian besar bekerja di bawah apa yang disebut poenale sanctie, mereka
ditarik dari Jawa sering dalam keadaan yang meragukan, dan mengikat diri untuk
bekerja selama beberapa tahun di suatu perkebunan tertentu. Tidak ada
kemungkinan bagi orang Jawa untuk melepaskan diri dari kontrak itu; melarikan
diri dihukum oleh pengadilan. Nasib 240. 000 kuli kontrak (berikut
anggota-anggota keluarga, jumlahnya menjadi lebih sejuta) di Deli sering
menyedihkan.”
Kemudian
Dr. Poeze melengkapi gambaran penderitaan para buruh itu dengan menukil
penuturan Tan Malaka sebagai berikut, “Inilah kelas yang memeras keringat dari
pagi sampai malam, kelas kambing di kandang yang setiap saat bisa dipukul atau
dimaki-maki dengan godverdomme, kelas yang setiap saat harus melepas istri atau
anak perempuan kalau ada seorang kulit putih yang menyukainya. Inilah kelas
orang Indonesia yang dikenal sebagai kuli kontrak.”
Dr.
Snouck Hurgronye seorang orientalis Belanda dan penasehat ahli Gubernur Jendral
Belanda di Hindia Belanda menyatakan, “Teori eksploitasi telah tamat masanya,
yang tidak kita kehendaki kembali lagi, kita tidak hendak mengembalikannya dari
kuburannya, juga tidak dalam suatu bentuk baru. Meskipun pemerintah kolonial
ditujukan hendak memberikan keuntungan bagi negeri Belanda.”
Selanjutnya
Hurgronye menegaskan, “Gambaran yang diberikan dunia terakhir ini belum
memperlihatkan, apakah melalui ethische politiek ataukah melalui exploitatie politiek,
Indonesia akan terlepas dari negeri Belanda. Apabila orang bertanya, melalui
saluran manakah daripada dua paham ini daerah jajahan dalam masa seratus tahun
ini akan hilang, maka saya akan berkata, tidak akan suatu sebab yang akan lebih
pasti melenyapkan daerah ini selain daripada cara pemerintahan kolonial itu
yang tamak, seperti yang pernah ditempuh oleh kompeni Hindia Timur dan stelsel
tanam paksa, yang pernah dijatuhkan hukuman oleh pengadilan masa dan sejarah di
waktu yang lampau.”
Demikianlah
sedikit gambaran tentang imperialisme Barat dari para tokoh ilmuwan Barat untuk
sekedar membantu memberi gambaran betapa besar nuansa penjajahan dan penguasaan
yang ada pada semangat imperialisme Barat terhadap segenap wilayah-wilayah yang
dikuasinya melalui pendudukan. Amat jauh berbeda dengan nuansa humanistis yang
ada dalam sejarah imperialisme Islam yang telah diakui oleh lawan maupun kawan.
Dr.
Lothrop Stoddard menyampaikan penilaiannya sebagai seorang ilmuwan Barat
tentang imperialisme Islam sebagai berikut: “Orang Arab tahu, bagaimana
mengkonsolidasikan pemerintahan dan mengalihkannya ke tangan mereka. Mereka
bukan bangsa yang haus darah, bukan bangsa yang gemar merampok dan memusnahkan.
Sebaliknya, mereka adalah bangsa yang dianugerahi akhlak tinggi, watak mulia,
cinta kepada ilmu. Memandang baik kenikmatan budi pekerti, kenikmatan yang
sampai kepada mereka, dari peradaban yang lebih tua.
Tatkala
terjadi antara yang menang dan yang kalah kesatuan perkawinan dan kepercayaan
(agama), tercapailah asimilasi diantara mereka. Asimilasi yang melahirkan
kemajuan yang bernama Sarasin, hasil perpaduan antara kecerdasan Yunani, Rumawi
dan Parsi dengan ketinggian dan kecerdasan Arab yang berlandaskan spirit Islam.
Dalam
tiga abad pertama sejarahnya (650 – 1000 M.), bagian-bagian dunia yang dikuasai
oleh Islam adalah bagian-bagian yang paling maju dan memiliki peradaban yang
amat tinggi. Kerajaan penuh dengan kota-kota indah, penuh masjid megah, di
mana-mana terdapat universitas, di dalamnya tersimpan peradaban-peradaban dan
hikmah-hikmah lama ang bernilai tinggi. Kecemerlangan Islam Timur merupakan hal
yang kontras dengan dunia Nasrani Barat, yang tenggelam dalam malam kegelapan
zaman.” Demikian pengakuan seorang ilmuwan Barat tentang Imperialisme Islam
yang kiranya dapat mewakili pengakuan pihak lawan terhadap nuansa humanistis
imperialisme Islam.
D. Kebangkitan Islam Modern
Akar
hubungan antara pemikiran Islam dengan imperialisme Barat bisa dilacak dari era
ketika Barat menguasai dunia Islam pada abad ke 19. Kontak ini memang bukan yang pertama kali.
Karena pada empat abad pertama Hijriyyah kontak serupa terjadi, ketika umat
Islam dengan percaya diri menerjemahkan khazanah ilmu dan filsafat Yunani.
Bedanya, kondisi umat Islam saat itu penuh dengan vitalitas. Sehingga
kebudayaan baru dengan mudah diserap, dimodifikasi dan dikembangkan tanpa
merusak paradigma keislaman umat. Lain halnya dengan abad ke 19, kondisi umat
sedang rapuh, dan pemikiran baru itu masuk dengan kendaraan imperialisme.
Sangat logis jika kontak terakhir itu rentan masalah.
Kerentanan
itu timbul, pertama karena ketidak berdayaan umat membuat kontrol serap sangat
rendah. Kedua karena sosiologi bangsa yang kalah biasanya melihat yang bangsa
yang menang segalanya.[2]
Sehingga penyerapan unsur-unsur baru itu cenderung tidak selektif dan
mengalahkan doktrin-doktrin Islam sendiri.
Tidak
heran jika kontak mutakhir itu mendatangkan kebaikan dan keburukan sekaligus.
Mendatangkan kebaikan karena telah membuat umat melek dengan ilmu dan teknologi
modern, tetapi mendatangkan keburukan karena membuat keberagamaan umat semakin
terpuruk. Persoalan inilah yang membuat kontroversi di kalangan ahli sejarah,
apakah kontak terakhir itu layak disebut tonggak kebangkitan Islam modern atau
tidak?
Ahmad
Zakaria Syiliq dalam bukunya: Modernisme dan Imprialisme: Penjajahan Prancis
dan problem Kebangkitan Mesir[3],
mendiskusikan persoalan ini. Beliau mencatat dua persepsi:
Pertama,
kebangkitan dan modernisasi Mesir –dan ini menjadi tonggak kebangkitan dunia
Islam- dimulai dan disebabkan oleh penjajahan Prancis. Maka sejarah Mesir
modern pun dimulai ketika tentara yang dipimpin Napoleon Bonaparte (1769–1821)
menginjakan kakinya di bumi Mesir. Saat itulah bangsa Mesir membuka mata,
melihat bentuk peradaban baru dan belajar banyak hal yang membuat sosial
politiknya bangkit. Perspektif ini dianut oleh orientalis dan murid-muridnya
yang memposisikan Barat sebagai sumber segala kebaikan, kebangkitan, pencerahan
dan kemodernan[4].
Albert Hourani (1915-1993), orientalis Inggeris asal Libanon, mempelopori
pandangan ini[5].
Kedua,
era penjajahan Prancis terhadap Mesir sebaliknya justru dilihat sebagai masa
yang paling hitam dalam sejarahnya, bahkan dalam sejarah bangsa Arab. Menurut
pandangan ini, keburukannya yang ditandai dengan semakin ambruknya tatanan
beragama jauh lebih besar dari pada kebaikannya[6].
Dari
perspektif yang pertama, modernisasi berarti upaya-upaya yang dilakukan
non-Barat untuk mengadopsi produk peradaban Eropa modern seperti: ilmu
pengetahuan, industri, management, pemikiran, moral dan gaya hidup. Padahal
menurut yang kedua, meniru kebudayaan Barat yang mencakup gaya hidup, moral dan
pemikiran itu bukan modernisasi tetapi westernisasi. Duplikasi semacam itu
beresiko mencabut bangsa-bangsa Timur dari akar kebudayaannya.
Keberatan
pihak kedua boleh jadi benar. Tetapi kata Syiliq kita juga harus jujur,
imperialisme modern membawa konsep yang dibutuhkan umat untuk merecovery
keterbelakangannya: "Penjajahan Prancis atas Mesir telah membuat
masyarakat Mesir melek dengan gaya baru kebudayaan Barat yang dibangun di atas
akal, ilmu, teknologi dan management. Masyarakat Mesir melihat anasir peradaban
yang berbeda secara ilmiah: teoritis maupun praktis, masuk ke negara mereka
secara paksa dengan kendaraan imperialisme"[7].
Jadi
imperialisme Barat sebenarnya membawa dua hal yang harus disikapi berbeda.
Pertama membawa sains dan teknologi yang menjadi milik bersama umat manusia.
Karena kemajuan Barat di bidang ini juga tidak serta-merta, mereka berhutang
budi kepada umat Islam. Sebagai mana umat Islam sebelumnya berhutang budi
kepada Yunani, dan Yunani kepada bangsa-bangsa Timur. Termasuk dalam wilayah
ini adalah keberhasilan eksperimen Barat dalam mengelola urusan-urusan publik
umat manusia. Wilayah ini masuk kedalam kategori hadits Nabi: "Kearifan
adalah barang yang hilang milik seorang Mukmin. Di mana saja menemukannya, ia
lebih berhak memungutnya kembali"[8].
Karenanya belajar kepada bangsa lain menyangkut wilayah ini merupakan
konsekwensi keislaman, tidak merusak keberagamaan.
Tetapi
yang kedua, persoalan-persoalan yang berhubungan dengan agama, pemikiran,
moralitas dan gaya hidup, masuk ke dalam wilayah privasi kebudayaan.
Konsep-konsep Barat di wilayah ini, kata Muhammad Emara (1931-), cenderung
eksploitatif. Dimana imperialisme Barat berusaha untuk menguasai, menghilangkan
differensiasi dan independensi peradaban, serta mengaburkan pengetahuan umat
tentang dirinya[9].
Masalah
ini meskipun terlihat khas abad kebangkitan Islam, tetapi relevan untuk
diangkat dan direfleksikan dalam kajian-kajian keislaman. Karena umat Islam,
"Sejak kebangkitan bergulir di awal abad 19 –dan terus begitu sampai
sekarang- dihadapkan dengan dua model peradaban: pertama peradaban Eropa yang
menjadi tantangan bagi mereka –budaya maupun militer- sekaligus memacu dan melahirkan
kebangkitan; kedua peradaban Arab dan Islam yang menjadi tumpuan mempertahankan
eksistensi diri dalam menghadapi tantangan itu"[10].
Dua
hal itu membutuhkan penyikapan yang tepat, karena polarisasi antara
pro-imprialisme dengan anti-imperialisme dalam pemikiran Islam, lahir dari
penyikapan dua hal yang berbeda itu.
E. Pro dan Anti-Imperialisme
Polarisasi
ini dibahas Muhammad Al-Bahi (1905-1982). Menurutnya: "Imperialisme Barat
di dunia Islam telah melahirkan dua tren pemikiran yang berlawanan: pertama
tren membela imperialisme, kedua tren melawan imperialisme"[11].
Tren
pertama muncul dari dua kalangan. Pertama berasal dari kalangan orientalis yang
ingin mengukuhkan penjajahan Barat di dunia Islam, dan merayu masyarakat agar
rela dengan hegemoni itu. Hanoto, orientalis yang pernah menjabat menteri luar
negeri Prancis, mewakili pandangan ini.
Baginya,
Islam tidak memiliki kapasitas untuk memajukan peradaban. Karena itu,
imperialisme Barat di dunia Islam harus disyukuri sebagai keberkahan. Ketika ia
dimintai komentar oleh harian Al-Ahram tentang Islam yang diyakini penganutnya
memiliki energi untuk mengampu peradaban, seperti yang terjadi dalam sejarah,
Hanoto menjawab: "Jika Islam tidak menghalangi kemajuan, sebagaimana yang
Anda dan para penulis Muslim katakan, mengapa kalian tetap terbelakang
sementara kami maju?"[12].
Bahwa
kondisi Timur sedang terpuruk dan Barat sedang memimpin peradaban, suka atau
tidak, diakui bangsa Timur. Tetapi keluar dari keterbelakangan itu harus dengan
cara menjadikan Barat sebagai full model sambil melepaskan agama dan kebudayaan
milik sendiri, hanya diyakini oleh para sarjana yang dikategorikan Al-Bahi
sebagai pembela imperialisme. Toha Husein (1889-1973) bisa menjadi contoh.
Baginya,
Eropa modern telah mencatat prestasi yang paling gemilang dalam kemajuan umat
manusia. Ketika akal mendapatkan kebebasan untuk mengontrol kehidupan sosial,
menundukkan alam semesta dengan ilmu pengetahuan, membuat perudang-undangan
untuk menciptakan kebahagiaan umat manusia, dan mendirikan pemerintahan yang menghormati
supremasi hukum dan mengakomodasi berbagai kepentingan[13].
Sedemikian
ideal sehingga seluruh komponen peradaban Barat menurutnya layak diadopsi.
Karena itu bangsa Timur harus berperilaku persis seperti mereka. Dalam bukunya
Masa Depan Kebudayaan di Mesir, Toha Husein menunjukkan jalan kemajuan seperti
ini: "Jalan menuju ke situ hanya satu dan tidak berbilang. Kita harus
mengikuti jejak orang-orang Eropa dan menapaki jejak perjalanan mereka. Agar
kita menjadi bagian dari mereka dan berperadaban seperti mereka: baik atau
buruk, manis atau pahit, dicintai atau dibenci, dan terpuji atau tercela"[14].
Sampel
lain dari tren yang membela imperialisme adalah gerakan Ahmad Khan di India.
Kritik yang paling otentik atas gerakan pemikiran ini ditulis oleh Jamaluddin
Al-Afgani dan Muhammad Abduh dalam Al-Urwatul Wutsqo. Afgani dan Abduh, seperti
ditulis Al-Bahi, mewakili tren kedua yaitu anti-imperialisme[15].
Mengomentari
gerakan pemikiran Ahmad Khan, kata Afgani, Inggeris ketika itu percaya bahwa
"Selama umat Islam konsisten dengan agamanya, selama Al-Quran dibaca dan
dikaji, mustahil mereka akan tunduk dengan tulus di bawah penjajahan asing.
Terutama ketika bangsa asing itu merampas kekuasaan dengan konspirasi yang
dibungkus dengan cinta dan persaudaraan. Mereka pun mencari berbagai cara untuk
melemahkan akidah Islam"[16].
Ahmad
Khan dianggap orang yang tepat melakukan proyek itu. Setelah melakukan kontrak
tertentu, Ahmad Khan menampilkan dirinya bermadzhab naturalisme yang dalam
Al-Quran disebut dahriyyun. Yaitu orang yang percaya, hanya proses alamiah yang
menentukan hidup atau mati seseorang (Al-Jatsiah [45]: 24). Dia mengaku tidak
percaya dengan kenabian dan ketuhanan, dan mengajak umat Islam untuk
meninggalkan semua bentuk agama. Baginya, Eropa tidak mengalami kemajuan
kecuali dengan cara itu, kemudian total konsern menggali rahasia alam semesta[17].
Lebih
parah lagi menurut Afgani, naturalisme yang didakwahkan Ahmad Khan tidak
seperti yang dipropagandakan di Eropa. Ketika orang-orang Eropa meninggalkan
agama, mereka tetap memiliki nasionalisme. Tetapi ajakan Ahmad Khan untuk
meninggalkan agama, karena agama menjadi benteng kokoh yang melahirkan
perlawanan terhadap imperialisme. Karena itu target Inggeris dari proyek
pemikiran Ahmad Khan adalah menghilangkan resistensi masyarakat terhadap
kekuasaan asing, agar mereka tunduk pada hegemoni Inggeris. Dan target utama
dari gerakan pemikirannya adalah menghapus nasionalisme dan keislaman di India[18].
Gerakan
pemikiran yang dipelopori Afgani dan Abduh meskipun kental dengan spirit untuk
belajar banyak berbagai hal yang bermanfaat dari Barat, tetapi semangat untuk
melawan imperialisme juga sangat dominan. Karenanya meskipun gerakan pemikiran
ini dalam sosiologi pemikiran Islam di Timur-tengah, dirujuk oleh orang-orang
liberal karena semangatnya yang pertama; tetapi juga dirujuk oleh kelompok
islamist karena model gerakan keduanya telah memberikan sumbangsih terhadap
peningkatan immunitas umat dari gejala kerentanan terhadap imperialisme.
E. Imperialisme dan Rentan-Imperialisme
Imperialisme
tidak akan efektif merubah tatanan umat jika umat Islam sendiri memiliki
immunitas. Sebaliknya umat akan mudah terinfeksi jika "vitalitas"-nya
sedang terganggu. Sayangnya, gerakan pemikiran yang pro-imperialisme telah
berperan melemahkan ketahanan tubuh umat ini.
Gejala
ini dielaborasi oleh Malik Ben Nabi (1905-1973), pilsuf Muslim asal Al-Jazair,
dalam sebuah konsep yang disebut dengan imperialisme dan rentan-imperialisme
(al-isti'mar wal qobiliyyah lil isti'mar). Menurutnya "Target-target
imperialisme tidak akan tercapai jika tidak ada unsur-unsur internal yang
membuatnya rentan dengan imperialisme di tengah suatu bangsa"[19].
Imperialisme selalu membutuhkan suporting system yang menyiapkan dan mendukung
suksesnya kolonialisasi.
Imperialisme
adalah suatu negara menguasai negara lain, baik dengan kekuatan senjata, uang,
kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan, serta mengeksploitasi sumber daya yang
dimilikinya. Sedangkan kerentanan terhadap imperialisme (al-qobiliyyah lil
isti'mar) adalah penyakit kebudayaan yang diderita suatu bangsa, yang
membuatnya siap dihegemoni oleh bangsa lain.
Gejalanya
terlihat ketika suatu bangsa memiliki pemikiran bahwa mereka harus menginduk
dan menjadi bagian dari bangsa tertentu yang memiliki interest. Budaya berpikir
seperti ini akan melahirkan mental, bahwa hegemoni bangsa lain itu akan
dianggap keberkahan. Maka ketika imperialisme terjadi, pada waktu yang sama
akan melihat gejala kesiapan untuk menerima perlakuan eksternal yang
meruntuhkan harga diri mereka, dengan tangan mereka sendiri.
Secara
normatif gejala semacam itu pernah terjadi dalam perjalanan dakwah kenabian,
dalam fenomena kemunafikan. Al-Quran menyebut mereka "sammauna
lahum", orang-orang yang senang mendengar dan mengikuti pembicaraan orang
Yahudi tentang umat Islam (At-Taubat [9]: 47). Ibn Katsir menafsirkan ayat ini:
"Mereka turut dan menerima pembicaraan mereka (Yahudi), bahkan meminta
nasihat kepada mereka..Kondisi ini mengakibatkan terjadinya kejahatan dan
kerusakan dalam tubuh umat Islam"[20].
Sejarahnya, orang-orang munafik terlibat pro-aktif bersama orang Yahudi dalam
melakukan konspirasi terhadap umat Islam di Madinah, meskipun akhirnya kekuatan
mereka melemah.
Dalam
konteks tren pro-imperialisme, Al-Bahi menyebut orang-orang seperti itu
"Memerankan dirinya sebagai juru bicara atau penerjemah terhadap ide-ide
kaum imperialis, dengan mengatasnamakan riset ilmiah"[21].
Secara
historis, teori ini bisa dipakai untuk menganalisa kejatuhan Turkey Ustmani ke
pangkuan imperialisme Barat modern. Data paling valid tentang ini bisa
diperoleh dari catatan harian politik Sultan Abdul Hamid (1842-1918).
Sultan
mencatat gerakan pemikiran yang dilakukan Inggeris dalam propaganda ide
nasionalisme sebagai antitesis khekholifahan. "Kita harus paham, dan
sangat didasayangkan, Inggeris berhasil menyebarkan propaganda mereka yang
berbisa, untuk menyebarkan bibit-bibit nasionalisme dan fanatisme di negara
kita. Kaum nasionalis telah melakukan pergerakan di semenanjung Arabia dan
Albania. Di Syuria terjadi gerakan yang sama"[22].
Tidak
sampai di situ, mereka kemudian lebih mendahulukan konsep-konsep Barat
ketimbang Islam sendiri. Sultan menulis: "Inggeris telah melakukan segala
cara untuk merusak citra kita di Mesir. Sekarang mereka berhasil mengelabui
masyarakat Mesir dengan konsep-konsep mereka, hingga sebagian orang percaya
bahwa model Inggeris merupakan jalan menuju keamanan dan keselamatan. Bahkan
mereka mendahulukan nasionalisme dari pada agama itu sendiri"[23].
Masalahnya
gerakan seperti itu tidak berhenti sampai dunia Islam jatuh ke tangan Barat.
Tetapi mengukuhkan hegemoninya di dunia Islam membutuhkan upaya-upaya yang
tidak kalah serius dari pada sebelum imperialisme itu terjadi. Dalam posisi
seperti ini, Barat membutuhkan lebih banyak lagi orang-orang, yang disebut
Muhammad Emara, sebagai umala hadzoriyyin atau agen-agen peradaban, yang
memiliki agenda menarik masyarakat pada putaran peradaban Barat[24].
Dalam
konteks ini, kritik pedas Afgani dan Abduh terhadap para agen itu bisa
dipahami. Afgani mengatakan: "Orang-orang yang bertaklid kepada peradaban
bangsa lain, mereka sesungguhnya bukan pemilik ilmu-ilmu yang mereka transfer
itu. Pengalaman mengajarkan kepada kita, orang-orang yang bertaklid di setiap
bangsa, yang meniru tahapan-tahapan perjalanan bangsa lain, mereka menjadi
pelabuhan untuk masuknya musuh dengan serangan-serangan militernya. Mereka
menyiapkan jalan, membukakan pintu untuk mereka, kemudian mengukuhkan cengkeraman
kuku mereka"[25].
Tidak
hanya Afgani, Abduh juga menyampaikan kritik yang sama. Dalam Tafsir Al-Manar
Abduh berkata: "Para pendakwah ateisme yang terbaratkan..mereka menyebut
dirinya sedang mengajak pada kemajuan dan peradaban..Yang benar, mereka adalah
para perusak akidah, kebajikan, dan seluruh potensi kebaikan umat. Mereka sama
sekali tidak membangun. Kecuali jika ateisme, perampasan terhadap harkat dan
martabat, melempangkan jalan bagi bangsa asing untuk memperbudak bangsanya,
bisa disebut sebagai usaha membangun kemuliaan umat"[26].
Dari
perspektif Afgani dan Abduh ini, tidak setiap pemikiran baru menyangkut Islam
yang berasal dari Barat bersifat positif. Tidak setiap wacana pemikiran Islam
juga bisa membangun dan memberdayakan umat. Karena jika trennya salah,
bertentangan dengan nilai-nilai fundamental dalam Islam, yang akan terjadi
justru mendekonstruksi Islam itu sendiri. Gerakan pemikiran seperti itu bisa
merupakan gejala al-qobiliyyah lil isti'mar, membuka jalan untuk terjadinya
hegemoni imperialisme, seperti yang diteorikan oleh Malek Ben Nabi.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Bahwa
dengan kondisi yang terjadi dengan umat Islam saat ini, permasalahannya yang
kompleks tidak boleh menjadikan umat berputus asa, malah hal ini menjadi
tantangan besar bagi umat, khususnya intelektual muslim untuk mengupayakan
tercipanya kesadaran bersama dan usaha-usaha berbaikan yang sinergi antar
seluruh elemen muslim. Dan hanya dengan bersungguh-sungguh sajalah
langkah-langkah menuju terbentuknya peradaban Islam dan pengembalian kejayaan
Islam itu dapat terwujud.
Terlalu
banyak catatan sejarah yang gemilang dalam berbagai peristiwa perluasan
imperium Islam di abad-abad ke enam sampai abad ke-13. Semuanya itu menunjukkan
betapa imperialisme dalam Islam lebih banyak bersifat pembebasan bangsa-bangsa
di dunia dari kedhaliman para penguasanya dan kemudian menegakkan keadilan dan
kasih sayang Islam kepada segenap rakyatnya.
DAFTAR PUSTAKA
Abduh,
Muhammad, 1960, Al-Islam Bainal Ilmi wal
Madaniyyah, Cairo: Darul Hilal
Abdul
Hamid bin Abdul Majid, 1406, Mudzakarati As-Siyasiyyah,
Beirut: Muassasah Ar-Risalah
Al-Jabiri,
Muhammad Abid (Dr.), 1994, Al-Khitab Al-Arabi
Al-Muashir: Dirasah Tahliliyyah Naqdiyyah, Beirut: Markaz
Dirasat Al-Wihdah Al-Arabiyya
Ben
Nabi, Malik, 1987, Wijhatul Alam Al-Islami, terj. Abdus Shobur Syahin,
Beirut: Dar Fikr
Hourani,
Albert, tt, Al-Fikru Al-Arabi fi Ashrin Nahdah 1798-1939,
terj. Karim Azqul, Beirut: Dar Nahar
Husein,
Toha (Dr), 1938, Mustaqbal Tsaqofah fi Misr,
vol. 1, Cairo: Dar Ma'arif
Ibn
Katsir, 1401, Tafsir Al-Qur'an Al-Adzim,
vol. 2, Beirut: Dar Fikr
Ibn Khaldun,1984, Muqodimah Cet. 5,
Beirut: Darul Qolam
Jamaluddin
Al-Afgani, Muhammad Abduh, 1993, Al-Urwatul Wutsqo
was-Tsaurah At-Tahririyyah Al-Kubra, Sholahuddin Al-Bastawi
(Ed.), Cairo: Darul Arab
Muhammad
Emara (Ed.), 1968, Al-A'mal Al-Kamilah li
Jamaluddin Al-Afgani, Cairo
Muhammad
Emara, 2003, Shuratul Islam fil Khitab Al-Gorby,
Majalah Muslim Muashir, No. 108, April-Juni
Syiliq,
Ahmad Zakaria (Dr), 2005, Al-Hadatsah wal Imbriyaliyyah: Al-Gowzu Al-Faransi
wa Isykaliyyatu Nahdoti Misr, Cairo: Dar Syuruq
[1] Die Neue Zeit, 1914, 2 (B. 32), S. 909, Sept. 11, 1914;cf. 1915, 2,
S.107 et seq. (Catatan Lenin)
[2] Ibn Khaldun, Muqodimah, hal. 147, Beirut: Darul
Qolam, cet. 5, 1984
[3] Syiliq, Ahmad Zakaria (Dr), Al-Hadatsah wal Imbriyaliyyah: Al-Gowzu
Al-Faransi wa Isykaliyyatu Nahdoti Misr, Cairo: Dar Syuruq, 2005
[4] Syiliq, Al-Hadatsah wal Imbriyaliyyah, hal.
7
[5] Hourani, Albert, Al-Fikru Al-Arabi fi Ashrin Nahdah
1798-1939, terj. Karim Azqul, Beirut: Dar Nahar, tt, hal. 9
[6] Syiliq, Al-Hadatsah wal Imbriyaliyyah, hal.
8
[7] Syiliq, Al-Hadatsah wal
Imbriyaliyyah, hal. 178
[8] Sunan At-Turmudzi 5/2687; Sunan Ibn Majah 2/4169
[9] Emara, Muhammad (Dr), Al-Istiqlal Al-Hadori,
Cairo: Nahdotu Misr, 2007, hal. 4
[10] Al-Jabiri, Muhammad Abid (Dr.), Al-Khitab Al-Arabi Al-Muashir: Dirasah
Tahliliyyah Naqdiyyah, Beirut: Markaz Dirasat Al-Wihdah
Al-Arabiyya, 1994, Hal. 22-23
[11] Al-Bahi, Muhammad (Dr.), Al-Fikru Al-Islami Al-Hadits wa
Shillatuhu bil Isti'mar, Cairo: Maktabah Wahbah, cet. 4, hal. 24
[12] Abduh, Muhammad, Al-Islam Bainal Ilmi wal Madaniyyah,
Cairo: Darul Hilal, 1960, Hal. 66
[13] Hourani, Al-Fikru Al-Arabi, hal. 391
[14] Husein, Toha (Dr), Mustaqbal Tsaqofah fi Misr,
vol. 1, Cairo: Dar Ma'arif, 1938, hal. 45
[15] Al-Bahi, Al-Fikru Al-Islami Al-Hadits, hal.
61
[16] Jamaluddin Al-Afgani, Muhammad Abduh, Al-Urwatul
Wutsqo was-Tsaurah At-Tahririyyah Al-Kubra, Sholahuddin Al-Bastawi
(Ed.), Cairo: Darul Arab, 1993, Hal. 382-383
[17] Al-Afgani dan Abduh, Al-Urwatul Wutsqo, hal. 384
[18] Ibid., hal. 385
[19] Ben Nabi, Malik, Wijhatul Alam Al-Islami,
terj. Abdus Shobur Syahin, Beirut: Dar Fikr, 1987, hal. 104-105
[20] Ibn Katsir, Tafsir Al-Qur'an Al-Adzim,
vol. 2, Beirut: Dar Fikr, 1401, hal. 362
[21] Al-Bahi, Al-Fikru Al-Islami Al-Hadits, hal.
7
[22] Abdul Hamid bin Abdul Majid, Mudzakarati As-Siyasiyyah,
Beirut: Muassasah Ar-Risalah, 1406, hal. 177
[23] Abdul Hamid, Mudzakarati As-Siyasiyyah,
hal. 133
[24] Muhammad Emara, Shuratul Islam fil Khitab Al-Gorby,
Majalah Muslim Muashir, No. 108, April-Juni 2003, hal. 23
[25] Muhammad Emara (Ed.), Al-A'mal Al-Kamilah li Jamaluddin
Al-Afgani, Cairo, 1968, hal. 195-196
[26] Muhammad Emara (Ed.), Al-A'mal Al-Kamilah li Jamaluddin
Al-Afgani, Cairo, 1968, hal. 195-196
No comments:
Post a Comment