My Real Blog, Life, Education, Story, Song, Laugh and My Real Love♡

Saturday 10 November 2018

Analisis Buku Siswa Geografi Kelas X


ANALISIS BUKU SISWA GEOGRAFI KELAS X
 

Judul Buku Ajar       : Geografi  untuk SMA/MA Kelas X
Penyusun                   : Dibyo Soegimo, Ruswanto
Tahun Terbit             : Juni 2009
Penerbit                      : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Jumlah Halaman       : vii + 210 halaman; 25 cm
Kata Sambutan
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I KONSEP, PENDEKATAN, PRINSIP, DAN ASPEK GEOGRAFI
Peta Konsep Materi Ajar
  1. Pendahuluan
Berisi pengertian geografi, ruang lingkup geografi, ilmu penunjang geografi, objek studi geografi yang digolongkan menjadi 3, dan tujuan pembelajaran geografi yang meliputi 3 aspek.
  1. Konsep Geografi dan Jenis-Jenisnya
Memuat  jenis-jenis konsep geografi menurut N. Daldjoeni, yaitu penghargaan budayawi terhadap bumi, konsep regional, pertalian wilayah, lokalisasi, interaksi keruangan, skala wilayah, dan konsep tentang perubahan.
  1. Metode Pendekatan Geografi
Membahas beberapa pendekatan geografi menurut Nursid Sumaatmadja, yaitu pendekatan keruangan, ekologi, historis, dan pendekatan sistem.
  1. Prinsip-Prinsip Geografi dan Pengkajian Lebih Lanjut
Menjelaskan tentang sruktur organisasi geografi, menguraikan prinsip-prinsip geografi menurut Nursid Sumaatmadja prinsip itu terdiri atas prinsip penyebaran, prinsip interelasi, prinsip deskripsi, dan prinsip keruangan.Lalu Dalam geografi terdapat dua unsur pokok, yaitu keadaan alam dan keadaan manusia. Membahas tata geografi dan macam-macam letak.
  1. Aspek-Aspek Geografi Dari Kependudukan
Menguraikan tentang aspek-aspek geografi yaitu, oikumene dan pemukiman, persebaran penduduk, kepadatan penduduk, perubahan penduduk, dan migrasi atau gerakan penduduk.
Pada bagian akhir BAB I disajikan Tugas, Rangkuman, Pelatihan Soal BAB I, Lembar Kerja Siswa, dan Portofolio.
BAB II SEJARAH PEMBENTUKAN BUMI DAN PERKEMBANGANNYA
Peta Konsep Materi Ajar
  1. Zaman Sejarah Pembentukan Bumi
Uraian yang disajikan meliputi zaman sejarah pembentukan bumi dapat dibagi menjadi 4, yaitu Prakambrium, Paleozoikum, Mesozoikum, dan Kenozoikum. Serta menjelaskan Sejarah Perkembangan Muka Bumi (Pangaea-Gondwana).
  1. Persebaran Lempeng Tektonik
Menyajikan 12 lempeng akibat gerakan pembentukan muka bumi.
Pada bagian akhir BAB II disajikan Tugas, Rangkuman, Pelatihan Soal BAB II, Lembar Kerja Siswa dan Portofolio.
BAB III JAGAT RAYA DAN TATA SURYA
Peta Konsep Materi Ajar
  1. Susunan Jagat Raya dan Tata Surya
Menguraikan pengertian jagat raya, pengertian galaksi, pengertian rasi bintang, tata surya, dan tata surya kita.
  1. Karakteristik Batu-Batuan Pelapisan Bumi
Menjelaskan 3 jenis batuan utama di permukaan bumi, yaitu batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorfosa.
Pada bagian akhir BAB III disajikan Tugas, Rangkuman, Pelatihan Soal BAB III, Lembar Kerja Siswa, Portofolio, dan Latihan Ulangan Akhir Semester I.
BAB IV PERUBAHAN LITOSFER DAN PEDOSFER SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN DI BUMI
Peta Konsep Materi Ajar
  1. Struktur Lapisan Kulit Bumi (Litosfer) dan Pemanfaatannya
Menyajikan pengertian kulit bumi (Litosfer) dan susunan lapisannya, batu-batuan kulit bumi, dan siklus batu-batuan
  1. Macam-Macam Bentuk Muka Bumi Sebagai Akibat Proses Vulkanisme, Seisme, dan Diatropisme
Menjelaskan perubahan bentuk permukaan muka bumi, gejala vulkanisme, gempa bumi, dan diatropisme/tektonisme/tektogenesa.
  1. Ciri-Ciri Bentang Alam Sebagai Akibat Proses Pengikisan Dan Pengendapan
Menguraikan pelapukan dan pengikisan (Erosi), dan pengendapan/sedimentasi.
  1. Degradasi Lahan dan Dampaknya Terhadap Kehidupan
Memerinci penggunaan lahan, lahan kritis, dan lahan potensial.
  1. Proses Pembentukan Tanah
Menjelaskan proses pembentukan tanah, dan jenis tanah.
  1. Peran Tanah dan Dampaknya Terhadap Kehidupan
Menjelaskan tentang tanah berperan penting bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.
  1. Usaha Mengurangi Erosi Tanah
Menguraikan tentang ciri-ciri tanah subur, tekstur tanah, struktur tanah, dan cara mencegah terjadinya erosi.
  1. Kelas Kemampuanm Lahan
Menguraikan lahan yang dikelompokkan dalam delapan kelas.
Pada bagian akhir BAB IV disajikan Tugas, Rangkuman, Pelatihan Soal BAB IV, Lembar Kerja Siswa, dan Portofolio
BAB V ATMOSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN DI BUMI
Peta Konsep Materi Ajar
  1. Identifikasi Ciri-Ciri Lapisan Atmosfer dan Pemanfaatannya
Menyajikan gas pada udara, dan lapisan atmosfer.
  1.  Unsur-Unsur Cuaca Dan Iklim
Mengkaji tentang Unsur-unsur iklim sama dengan unsur cuaca, yaitu penyinaran dan suhu, angin, awan, kelembapan udara, curah hujandan gejala cuaca.
  1. Klasifikasi Iklim
Materi yang disajikan adalah iklim matahari, iklim junghun, ikoim koppen, iklim schmidt-ferguson, dan iklim suatu tempat berdasarkan pembagian iklim oldeman.
  1. Persebaran Curah Hujan Di Indonesia
Diulas mengenai di Indonesia rata-rata curah hujan tergolong tinggi, yaitu lebih dari 2.000 mm/tahun.
  1. Faktor-Faktor Penyebab Perubahan Iklim Global (El Nino, La Nina) dan Dampaknya Terhadap Kehidupan.
Mendeskripsikan peristiwa El Nino, dan peristiwa La Nina .
Pada bagian akhir BAB V disajikan Tugas, Rangkuman, Pelatihan Soal BAB V, Lembar Kerja Siswa, dan portofolio.
BAB VI JENIS-JENIS VEGETASI ALAM DAN EKOSISTEM PANTAI/PESISIR
Peta Konsep Ajar
  1. Jenis-Jenis Vegetasi Alam Menurut Iklim Dan Bentang Alam Serta Pesebarannya
Menguraikan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keanekaragaman vegetasi, berbagai macam habitat/bioma di bumi, dan pola Penyebaran vegetasi di wilayah perairan berbeda pada habitat air tawar dan habitat air laut.
  1. Ekosistem Pantai/Pesisir
Menjelaskan tentang garis pantai Indonesia panjangnya kurang lebih 81.000 km, wilayah pesisirnya mempunyai ekosistem yang sangat beraneka ragam, antara lain hutan mangrove, terumbu karang, padang lamun, dan rumput laut.
Pada bagian akhir BAB VI disajikan Tugas, Rangkuman, Pelatihan Soal BAB VI, Lembar Kerja Siswa, dan portofolio
BAB VII HIDROSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN DI BUMI
Peta Konsep Ajar
  1. Identifikasi Unsur-Unsur Utama Siklus Hidrologi
Menjelaskan tentang Siklus air dibedakan menjadi tiga macam, yaitu siklus kecil, sedang, dan panjang.
  1. Identifikasi Berbagai Jenis Perairan
Menguraikan tentang sungai, danau dan rawa serta pemanfaataannya.
  1. Daerah Aliran Sungai (DAS)
Mendefinisikan pengertian Daerah Aliran Sungai (DAS), faktor-faktor yang mempengaruhi DAS, masalah DAS, dan upaya yang dilakukan untuk pengendalian kerusakan DAS.
  1. Potensi Air Permukaan Dan Air Tanah
Menjelaskan Jenis-jenis air tanah, menjelaskan tipe akifer, pemanfaatan air tanah, dan menggambarkan penampang air tanah.
  1. Pantai dan Pesisir Laut
Menjelaskan pengertian pantai, pantai landai, pantai terjal, pesisir, perairean samudra, teluk, dan selat.
  1. Pembagian Laut
Menjelaskan pembagian laut menurut letaknya, pembagian laut menurut terjadinya, dan pembagian laut menurut kedalamannya.
  1. Relief Laut dan Gerak Air Laut
Mengkaji tentang relief dasar laut, arus laut, kekuatan dan ketinggian gelombang, pasang naik dan pasang surut.
  1. Suhu, Kecerahan dan Kadar Garam Air Laut
Menjelaskansuhu air laut (temperatur dan tekanan air laut),  kecerahan air laut, kadar garam (salinitas), memberi contoh sumber daya laut dan pemanfaatannya, pemanfaatan perairan laut, perairan wilayah, landas kontinen, dan zona ekonomi eksklusif (ZEE) kaitannya dengan wawasan nusantara.
Pada bagian akhir BAB VII disajikan Tugas, Rangkuman, Pelatihan Soal BAB VII, Lembar Kerja Siswa, Portofolio dan Ulangan Kenaikan Kelas.

KAJIAN BUKU AJAR
  1. Cakupan Materi
Cakupan materi luas, mendalam dan tersaji secara rinci namun tidak terlalu melebar yang bisa berakibat tidak fokus nya penyajian materi sehingga dapat mempengaruhi ketebalan buku. Buku ini tidak terlalu tebal untuk dipakai dalam satu tahun, dan sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar kelas X SMA/MA. Kedalaman materi yang spesifik itu dapat ditemukan dengan disajikannya peta konsep (Lihat hal 1 tentang Peta Konsep Konsep, Pendekatan, Prinsip, dan Aspek Geografi) bahkan sebelum masuk Bab berikutnya selalu ditemukan Peta Konsep yang disajikan diawal sebelum memperlajari Bab yang baru, sehingga akan banyak membantu siswa dalam memahami materi ajar. Buku ini mengembangkan wawasan global dengan adanya kolom “Portofolio” contoh: Jelaskan alternatif pemecahan masalah agar kondisi Indonesia aman,tidak terjadi konflik, dan tidak terjadi disintegrasi mengingat posisi letak geografis Indonesia dengan penduduk dan budaya heterogen, akan tetapi tidak adanya kolom-kolom kecil yang seperti “Info Geo atau Jendela Dunia”. Seharusnya diadakan Info Geo atau Jendela Dunia untuk  mengembangkan wawasan global juga mendorong siswa dalam pengembangan civic knowledge seperti sikap sebagai warga negara Indonesia yang baik.
B. Akurasi Materi
  1. Kebenaran dan ketepatan fakta menunjukkan sesuatu yang bermutu dengan mencantumkan daftar pustaka maupun gambar yang membantu ilustrasi siswa dengan mencantukan sumber dibawah gambarnya.
  2. Kebenaran dan ketepatan konsep baik,
  3. Kebenaran dan ketepatan teori baik,
  4. Kebenaran dan ketepatan hukum/prinsip baik,
  5. Ketepatan dan kebenaran prosedur sudah sesuai dengan kaidah penulisan buku ajar adanya kata sambutan, kata pengantar dari penulis, daftar isi yang dilengkapi dengan halaman pendukung seperti daftar pustaka, daftar gambar daftar tabel, glosarium dn indeks subyek dan pengarang.
  6. Ketepatan nilai sudah baik.
  1. Kemutahiran Materi
  1. Materi sesuai dengan perkembangan ilmu yang terus berubah seiring dengan perkembangan jaman dan disesuaikan sehingga tampil up to date berdasarkan fakta-fakta kejadian, misal Gempa Tsunami di Aceh dan Gempa Bumi di Pangandaran. Penggunaan fitur/contoh-contoh/ilustrasi aktual.
  2. Menggunakan rujukan baru, sudah menggunakan rujukan dan konsep-konsep yang baru disesuaikan dengan perkembangan zaman.
  3. Mengembangkan kecakapan akademik, kecakapan akademik telah dikembangkan dengan tugas tugas terstruktur yang telah ada pada setiap bahasan untuk mengembangkan kecakapan akademik.
  4. Mengembangkan kecakapan personal, kecakapan personal suidah dikembangkan melalui tugas individu yang lebih kontekstual dan dapat disesuaikan dengan keadaan yang ada pada setiap siswa secara personal.
  5. Mengembangkan kecakapan kewarganegaraan, materi yang tersusun mengandung nilai-nilai kewarganegaraan yang mencirikan negara Indonesia seutuhnya dengan pengembangan wawasan nusantara
  6. Menumbuhkan semangat inovasi, siswa selalu diminta untuk lebih kreatif dalam berfikir dengan menciptakan pertanyaan-pertanyaan yang membuat siswa menjadi ingin tahu dalam memahami suatu hal.
  7. Menumbuhkan semangat kewirausahaan, etos kerja, dan daya saing. Dengan materi-materi geografi yang ada contohny materi tentang Hidrosfer (air) maka siswa seacra tidak langsung dibimbing untuk memajukan daerah wisata air yang ada di wilayah Indonesia.
  1. Penyajian Pembelajaran
a.      Penyajian Pembelajaran
1.      Menggunakan alat pemusat perhatian, dengan gambar dan bagan yang baik maka perahtian siswa untuk membaca akan terpusat.
2.      Menerapkan prinsip perulangan, materi yang telah disajikan tetap dirangkum dan tercantum point-point pengertian yang ada.
3.      Mendorong partisipasi aktif peserta didik, baanyak tugas yang mengajak siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran
4.      berpusat pada peserta didik, peserta didik selalu dijadikan sebagai pusat, baik sebagai pusat belajar dan pusat berfikir yang aktif
5.      Merangsang berpikir kritis, kreatif, dan inovatif. Rancangan materi yang ada selalu mengajak siswa untuk dapat menganalisis dengan baik, yang nantinya membuat siswa dapat lebih berpikir kritis, kreatif dan inovatif
6.      Penyajian bersifat komunikatif dan interaktif. Materi yang disajikan sudah bisa untuk mengajak siswa untuk berkomunikasi dengan baik, banyak paparan-paparan yang disajikan untuk dapat membuat siswa lebih interaktif
7.      Sajian/pembahasan tidak bias jender, materi yang disajikan tidak mementingkan nilai yang tinggi pada gennder tertetu, semua dianggap rata dan sama.
8.      Tidak mempertentangkan sara, pada buku ini tidak ada yang menghina atau meninggikan golongan tertentu
9.      Menyediakan umpan balik dan penguatan, buku ini term,asuk buku yang interaktif oleh karenanya umpan balik yang disajikan cukup menarik
10.  Membatasi materi yang tidak relevan, walaupun materi dalam buku ini cukup banyak tetapi hanya materi yang relevan saja yang disajikan.
  1. Rangsangan Keingintahuan
Sebelum diuraikan materi secara rinci, ditampilkan dulu pada bagian awal Bab secara keseluruhan melalui peta konsep, hal ini bermanfaat untuk mempersiapkan mental agar berkeinginan untuk lebih tahu memperlajari sub-sub bagian selanjutnya sehingga mendorong peserta didik untuk belajar lebih jauh sehingga kemampuan siswa secara utuh dapat berkembang kecerdasannya, baik secara knowledge, afekfif maupun psikomotorik. Disamping itu juga dicantumkannya kata kunci sehingga merangsang siswa untuk mengetahui lebih dalam, yang dipadu pula dengan kolom motivasi, yang membantu memperluas cakrawala keilmuan, ditinjau dari aspek geografi.
  1. Kandungan Wawasan Kontekstual
Relevan dengan lingkungan peserta didik
  1. Mendorong peserta didik menerapkan pengetahuan, dengan adanya tugas terstruktur dan evaluasi maka buku ini dapat mendorong peserta didik mnerapkan pengetahuannya.
  2. Mendorong peserta didik mentransfer pengetahuan. Transfer pengetahuan dapat dilakukan ketika rasa ingin tahu muncul setelah siswa membaca buku ini dengan baik.
  3. Mendorong peserta didik mengalami dan menemukan sendiri pengetahuan, inquiri pada buku ini dirasa baik. Materi yang dipaparkan memancing sebuah pertanyaan bagi siswa untuk memenuhi rasa ingin tahunya dan akhirnya siswa dapat menemukan pengetahuannya
  4. Mendorong kerjasama, ada banyak tugas kelompok yang mampu membuat siswa melakukan kerja sama dalam sebuah kelompok belajar.
  5. Apresiasi terhadap keanekaragaman, dengan mate yang beragam maka siswa dapat melakukan apresiasi yang beragam
  6. Apresiasi terhadap kemajemukan, materi yang dipaparkan dalam buku ini sangat memberikan contoh sebuah kemajemukan. Nalar yang baik siswa dan rasa ingin tahunya akan dapat membuat apresiasi siswa lebih meningkat.
  7. Apresiasi terhadap potensi/kekayaan daerah. Kekayaan dan potensi daerah pada buku ini sering dijadkan contoh dalam apersepsi dan motivasi setiap awal pembuka setiap materi pokok yang baru.
  1. Teknik Penyajian Materi
Sistematika sajian setiap bab utuh/lengkap
  1. Kelogisan sajian. Materi yang disajikan sangat logis dan sesuai dengan fakta yang ada di dunia ini,
  2. Keruntutan sajian, materi yang disajikan runtut dan sesuai dengan kurikulum yang telah ada,
  3. Keseimbangan sajian materi, materi yang disajikan sudah cukup seimbang antara apersepsi, materi inti samapi kepada kesimpulan, evaluasi dan rangkuman.
  1. Pendukung Penyajian Materi
  1. Kesesuaian ilustrasi dengan materi yang disajikan,
  2. Menuliskan rujukan/sumber pada setiap ilustrasi, (sudah ada)
  3. Menuliskan nomor dan identitas gambar, tabel, grafik, dan lampiran secara benar seperti dicantumkannya sumber dibawahnya. (sudah ada)
  4. Kata Pengantar pada bagian depan buku (sudah ada)
  5. Glosarium (daftar istilah penting) (sudah ada)
  6. Indeks (subjek dan pengarang) (sudah ada)
  7. Daftar Pustaka (sudah ada)
Rangkuman disajikan diakhir Bab untuk mengingatkan kembali materi yang dipelajari diawal, dan kemampuan siswa dapat diukur dengan Pelatihan Soal, namun dalam buku ini tidak ada kuncinya, dan petujuk penggunaan latihan sebagai alat ukur kematangan materi siswa dalam penguasaan kompetensinya.
  1. Kesesuaian Dengan Perkembangan Serdik
  1. Kesesuaian dengan perkembangan pikir peserta didik, kesesuaian dengan tingkat perkembangan sosial/emosional.
  2. Kesesuaian dengan perkembangan pikir peserta didik, buku ini memberikan pemahaman terhadap pokok bahasan dengan melihat perkembangan pola pikir siswa diwujudkan dengan gambaran untuk memberikan pemahaman yang utuh dan lebih jelas.
  3. Kesesuaian dengan tingkat perkembangan sosial/ emosional, buku ini memberikan perkembangan emosial untuk melihat realitas yang terjadi dilingkungan tempat tinggal dalam menghadapi setiap masalah yang ditimbulkan dan berdampak terhadap kehidupan manusia : bencana alam, tsunami, tanah logsor, gempa bumi dll.
  1. Kemampuan Komunikasi dan Interaksi
Pesan yang disampaikan mudah dipahami serdik, dalam buku ini mengulas pokok pembahasan materi dengan jelas memuat pokok - pokok pikiran yang penting

  1. Kelugasan
  1. Struktur kalimat efektif , penggunaan kalimat dalam menjelaskan suatu masalah sangat jelas yg menerangkan pokok permasalahan secara jelas yang memberikaan kesamaan pemahaman kepada peserta didik
  2. Kebakuan Istilah, penggunaan istilah yang disampaikan dalam setiap pembahasan materi pokok sangat jelas yang pada giliranya memberikan pengertian yang sama misal : DAS, pantai dll.
  1. Keruntutan Alur Pikir
  1. antar bab, antar sub bab, alenea, dan kalimat, susunan kalimat yang disampaikan secara runtut yang memberikan penjelasan secara terperinci antar bagian yang satu memberikan penjelasan pada bagian yang lain yg memberikan gambaran secara lebih jelas dan ketepatan sub bagian yang ada.
  2. Keutuhan makna bab, sub bab, alenea, dan kalimat, penjelasan setiap bab diperjelas dengan pembahasan setiap sub bab dan diperjelas dengan penjelasan setiap alenea dan akhirnya memberikan penjelas yg utuh dalam suatu kalimat :misal pokok bahasan Hidrosfer memberikan penjelsaan yang utuh mulai pengertian hidrosfer, ilmu yg mempelajari tentang air, bentuk- bentuk air dijelaskan secara terperinci sehingga memberikan gambaran yg sangat jelas bagi peserta didik.
  1. Kaidah Bahasa Indonesia
  1. Ketepatan tata bahasa, bahasa yang disampaikan menggunakan bahasa indonesia yang baku sehingga mudah dipahami oleh peserta didik yg pada giliranya memberikan pemahaman yang jelas dan lugas yg tidak memberikan pemahaman ganda.
  2. Ketepatan ejaan dan tata tulis, bahasa yang digunakan sesuai tata bahasa indonesia yang baik dan benar sesuai EYD.
  1. Penggunaan Istilah
Kesesuaian istilah dengan materi sajian, penggunaan istilah yang disampaikan sudah cukup jelas dan lugas,misal pokok bahasan atmosfer maka istilah yang disampaikan dalam pokok bahasan yang ada hubunganya dengan atmosfer dan pemanfaatannya kepada kehidupan manusia, pokok bahasan iklim yang dijelaskan secara terperinci pada setiap alenea menyangkut iklim, cuaca, faktor-faktor penyebab perubahan iklim global (El Nino, La Nina), dan dampaknya terhadap kehidupan manusia.

No comments:

Post a Comment